Lambang
Modul PMR
|
Bidang Studi
|
:
|
Kepalang Merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Wira(SMA)
|
Bahasan
|
|
Lambang
|
Sub Bahasan
|
:
|
Pengenalan
dan Arti Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit.
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta mengenal
lambang-lambang palang merah dan bulan sabit merah
2.
Peserta dapat
menceritakan sejarah perkembangan lambang
3.
Peserta dapat
menjelaskan arti dari lambang
4.
Peserta dapat
menjelaskan penggunaan dan penyalahgunaan lambang.
B. Media
- Flipchart
- Poster
- Foto
C. Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
D. Proses Pembelajaran
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk
mengetahui kemampuan awal peserta
didik jika diperlukan.
Penyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
- Pelatih menyampaikan materi mengenai sejarah lambang, diantaranya:
a. Ciri lambang
b. Asal-usul mengapa perlu lambang yang sama
c. Adopsi Lambang Palang Merah
d. Alasan pemilihan Lambang Palang Merah
- Pelatih memperlihatkan beberapa gambar lambang palang merah dan bulan sabit merah kepada peserta ajar. Kemudian, pelatih mengajukan beberapa pertanyaan singkat, diantaranya:
a.
Apakah para peserta
sudah pernah melihat gambar palang merah atau bulan sabit merah?
b.
Apabila pernah, di mana?
c.
Apa artinya apabila seseorang
atau sebuah objek menggunakan lambang tersebut.
- Pelatih menjelaskan lambang-lambang perhimpunan nasional yang diakui atau tercantum dalam oleh Konvensi Jenewa 1949.
- Pelatih menjelaskan tentang fungsi lambang, diantaranya:
a.
Perlindungan
b.
Pengenal
Berikan contoh melalui poster, photo, dan contoh nyata.
- Pelatih memberikan penjelasan mengenai penyalahgunaan lambang
a.
Peniruan
b.
Penggunaan yang tidak
tepat
c.
Penggunaan yang
melanggar ketentuan
- Pelatih memperlihatkan beberapa contoh penggunaan lambang palang merah pada benda/alat, foto, poster, kemasan, dan lain-lain, kemudian memberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi penggunaan yang benar dan yang salah. Setiap kelompok akan menyampaikan hasil dari diskusinya.
- Pelatih menyampaikan intisari dari materi yang telah disampaikan.
8. Tanya jawab
Catatan:
1. Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut
beserta alat bantunya. Diantaranya VCD
Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head Projector untuk
presentasi menggunakan transparansi.
2. Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster,
film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster
dan film.
E. Evaluasi dan Pembahasan
1.
Peserta diminta untuk
menunjukkan kedua lambang palang merah dan bulan sabit merah
2.
Peserta diminta untuk
menceritakan kembali sejarah perkembangan lambang (dalam tulisan, secara oral
atau dalam gambar)
3.
Peserta diminta untuk
menjelaskan apa arti dari penggunaan lambang oleh objek atau orang
4.
Peserta diminta
menunjukkan bagaimana penggunaan lambang yang benar dan salah
F. Rangkuman Materi
- Buku Panduan halaman 26 – 31 tentang Lambang
- Leaflet lambang
- Cerita sejarah lambang khusus anak-anak
- Peraturan Penggunaan Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah oleh Perhimpunan Nasional (ICRC)
Komentar
Posting Komentar