Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
Modul PMR
|
Bidang
Studi
|
:
|
Kepalang Merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang
Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Wira
(SMA/Sederajat)
|
Bahasan
|
|
Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
|
Sub
Bahasan
|
:
|
1. Definisi dan batasan norma-norma 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah International
2. Makna dan kategori Prinsip
3. Hubungan antara ketujuh prinsip
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Dapat menyebutkan dan
menjelaskan pengertian Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit
Merah International dalam bahasanya sendiri.
2.
Dapat menjelaskan
pengertian setiap prinsip dan memberikan contoh-contoh aplikasi nyata Tujuh
Prinsip Dasar.
B.
Media
1.
Kertas flipchart dan
spidol
2.
Poster
3.
Contoh kasus (contoh : ”Panic
attack”.)
4.
Film (Helpman of the Red Cross and Red Crescent)
C. Metode
1.
Ceramah
2.
Pemutaran
Film
3.
Studi
kasus 7 Prinsip Dasar
D. Proses Pembelajaran
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan.
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk
mengetahui kemampuan awal peserta didik
jika diperlukan. Misalnya apakah peserta ajar sudah mengetahui mengenai
Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Kemudian pelatih menyampaikan materi dengan metode yang
sesuai.
1. Menggunakan poster
a. Melalui metode cerita pelatih menyampaikan materi 7 (tujuh) Prinsip Dasar
Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional meliputi penyebutan,
arti, dan makna.
b. Pelatih poster/gambar yang mengilustrasikan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
c. Pelatih meminta kepada peserta :
·
Menyebutkan kembali 7
(tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu.
·
Menyebutkan kembali arti
dari 7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu
b. Pelatih memberikan penjelasan kembali mengenai perlunya mengetahui 7
(tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
5.
Menggunakan Film
a. Pelatih memutar film sesuai topik.
b. Pelatih meminta peserta untuk memperhatikan dengan seksama.
c. Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali isi dari film
tersebut secara singkat sesuai yang mereka tangkap.
d. Pelatih menjelaskan secara sederhana makna yang dapat diambil dari film
tersebut.
Catatan :
1.
Proses pembelajaran di
atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital
Projector, VCD Player, dan poster.
2.
Jika pelatih tidak
mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan media poster dibantu
dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart,
whiteboard, papan tulis, atau yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
B.
Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta diminta kembali menyebutkan 7 (tujuh)
Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah secara benar sesuai
urutan.
2. Peserta diminta kembali menyebutkan arti dari ke 7
(tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
F. Pustaka
- Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua), Bab I halaman 15 s.d. 23 tentang Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, PMI.
- Prinsip-Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Terjemahan), ICRC, Jakarta, 2005.
- Contoh-contoh studi kasus
Komentar
Posting Komentar